Fox, Dominion mencapai penyelesaian atas klaim pemilihan palsu

WILMINGTON, Del. – Sistem Pemungutan Suara Fox dan Dominion mencapai penyelesaian dalam gugatan pencemaran nama baik perusahaan mesin pemungutan suara pada hari Selasa, menghindari persidangan dalam kasus yang mengungkapkan bagaimana jaringan peringkat teratas mendorong pemirsa dengan berbohong tentang pemilihan presiden 2020 untuk dipromosikan.

Dominion Voting Systems mengatakan penyelesaiannya sebesar $787,5 juta.

“Kebenaran itu penting. Kebohongan memiliki konsekuensi,” kata pengacara Dominion Justin Nelson pada konferensi pers di luar gedung pengadilan setelah pengumuman tersebut.

Dominion mencari $1,6 miliar, dengan alasan bahwa Fox merusak reputasinya dengan membantu menyebarkan teori konspirasi palsu tentang peralatannya untuk memperdagangkan suara dari mantan Presiden Donald Trump ke Demokrat Joe Biden. Fox mengatakan jumlah tersebut sangat melebih-lebihkan nilai perusahaan yang berbasis di Colorado.

Resolusi yang diumumkan di Mahkamah Agung Delaware mengikuti keputusan ringkasan baru-baru ini oleh Hakim Eric Davis di mana dia mengizinkan kasus tersebut untuk diadili sambil menekankan bahwa “sangat jelas” bahwa tidak ada tuduhan tentang Dominion yang disiarkan oleh sekutu Trump di Fox, dimana .

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan tak lama setelah pengumuman tersebut, Fox News mengatakan bahwa jaringan tersebut mengakui “putusan pengadilan bahwa klaim tertentu tentang Dominion adalah salah.” Itu tidak menanggapi penyelidikan yang meminta elaborasi.

Pertanyaan ke Dominion dan Fox Corp. tidak segera dikembalikan.

Catatan yang dirilis sebagai bagian dari gugatan menunjukkan bagaimana pembawa acara dan eksekutif Fox tidak mempercayai klaim dari sekutu Trump tetapi tetap menyiarkannya, sebagian untuk memenangkan kembali pemirsa yang melarikan diri dari jaringan setelah dengan benar menyebut Arizona yang diperebutkan untuk Demokrat Joe Biden pada malam pemilihan .

Penyelesaian, jika secara resmi diterima oleh hakim, akan mengakhiri kasus yang terbukti sangat memalukan bagi Fox News. Seandainya kasus ini dibawa ke pengadilan, itu juga akan menjadi salah satu ujian paling ketat dari standar pencemaran nama baik yang telah melindungi organisasi media selama lebih dari setengah abad.

Beberapa ahli Amandemen Pertama mengatakan kasus Dominion adalah salah satu yang terkuat yang pernah mereka lihat. Namun, ada keraguan nyata bahwa Dominion akan dapat membuktikan kepada juri bahwa orang-orang dalam kapasitas pengambilan keputusan di Fox dapat dianggap bertanggung jawab atas penyiaran kebohongan di jaringan tersebut.

Dominion menuduh Fox memfitnahnya dengan berulang kali menayangkan, dalam minggu-minggu setelah pemilihan presiden 2020, klaim palsu oleh sekutu Trump bahwa mesinnya dan perangkat lunak yang mereka gunakan telah membalikkan suara ke Biden — bahkan sebanyak jaringan meragukan klaim tersebut dan menolaknya. . apa yang mereka buat.

Perusahaan menggugat Fox News dan induknya, Fox Corp, mengatakan bisnisnya rusak parah.

Dalam sebuah pernyataan, Ketua Fox Corp. Rupert Murdoch, yang mendirikan jaringan tersebut, bersaksi bahwa dia yakin pemilu 2020 adil dan tidak dicuri dari Trump.

“Fox tahu yang sebenarnya,” bantah Dominion dalam dokumen pengadilan. “Itu tahu tuduhan terhadap Dominion adalah ‘aneh’ dan ‘gila’ dan ‘konyol’ dan ‘gila.’ Namun itu menggunakan kekuatan dan pengaruh platformnya untuk mempromosikan cerita palsu itu.”

Dalam putusan rangkuman 31 Maret, Davis memilih organisasi berita tersebut karena menyiarkan kebohongan, mencatat bagaimana klaim pemilu palsu bertahan 2 1/2 tahun setelah Trump kalah dalam upaya pemilihannya kembali.

“Pernyataan yang dipermasalahkan sangat berbeda dari kebenaran,” kata Davis dalam putusan itu. “Faktanya, meskipun tidak secara langsung dikaitkan dengan pernyataan Fox, perlu dicatat bahwa beberapa orang Amerika masih percaya bahwa pemilihan itu dicurangi.”

Dalam pembelaannya, Fox mengatakan berkewajiban untuk melaporkan kisah-kisah yang paling layak diberitakan – seorang presiden yang mengklaim dia ditipu untuk dipilih kembali.

“Kami tidak pernah melaporkan ini sebagai benar,” kata pengacara Fox, Erin Murphy. “Yang kami lakukan hanyalah memberi pemirsa fakta sebenarnya bahwa ini adalah tuduhan yang dibuat.”

Fox mengatakan Dominion berargumen bahwa jaringan tersebut berkewajiban untuk menekan tuduhan tersebut atau mengecamnya sebagai tuduhan palsu.

“Kebebasan berbicara dan pers akan menjadi ilusi jika pihak yang menang dalam kontroversi publik dapat menuntut pers karena memberikan forum kepada pihak yang kalah,” kata Fox dalam pengajuan pengadilan.

Dalam kasus tahun 1964 yang melibatkan The New York Times, Mahkamah Agung AS membatasi kemampuan tokoh masyarakat untuk menuntut pencemaran nama baik. Pengadilan memutuskan bahwa penggugat harus membuktikan bahwa outlet berita menerbitkan atau menyiarkan materi palsu dengan “kebencian yang sebenarnya” — mengetahui bahwa materi tersebut salah atau bertindak dengan “pengabaian sembrono” apakah itu benar atau tidak.

Ini memberi organisasi berita perlindungan besar terhadap hukuman pencemaran nama baik. Namun, standar hukum yang berusia hampir enam dekade telah diserang dalam beberapa tahun terakhir oleh beberapa kaum konservatif, termasuk Trump dan Gubernur Republik Ron DeSantis dari Florida, yang menganjurkan agar lebih mudah untuk memenangkan kasus pencemaran nama baik.

Dua hakim Mahkamah Agung yang dicalonkan oleh Partai Republik, Clarence Thomas dan Neil Gorsuch, telah secara terbuka menyatakan minatnya untuk meninjau kembali perlindungan tersebut.

Pengacara Dominion berpendapat bahwa Fox membuat keputusan yang disengaja untuk menyiarkan tuduhan palsu berulang kali untuk menarik perhatian pemirsa. Mereka mengizinkan tamu untuk mengklaim secara salah bahwa perusahaan mencurangi pemilihan, memberikan suara dalam jumlah besar ke Biden melalui algoritme rahasia, dimiliki oleh perusahaan yang didirikan di Venezuela untuk mencurangi pemilihan mendiang Presiden Hugo Chavez, memanipulasi dan menyuap pejabat pemerintah.

“Apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan kembali pemirsa adalah memulai narasi baru ini bahwa pemilihan telah dicuri dan bahwa Dominion adalah pencurinya,” kata pengacara Dominion Rodney Smolla dalam sidang Maret.

Segunung bukti – dirilis dalam bentuk transkrip deposisi, memo internal, dan email dari waktu itu – merusak Fox, bahkan jika beberapa di antaranya hanya terkait secara tangensial dengan argumen pencemaran nama baik.

Dominion menunjuk ke pesan teks dan email di mana orang dalam Fox mendiskon dan terkadang secara terbuka mengejek klaim manipulasi suara. Satu Fox Corp. wakil presiden menyebut mereka “MIND BLOWINGLY NUTS”.

Sebagian besar materi menunjukkan jaringan yang secara efektif takut pada audiensnya setelah pengumuman malam pemilihan bahwa Biden telah memenangkan Arizona. Panggilan perlombaan membuat marah Trump dan banyak pemirsa yang mendukungnya.

Salah satu pembawa berita utama Fox, Bret Baier, mencatat kemarahan penonton dan menyarankan agar panggilan tersebut dicabut, dan bahkan memberikan negara bagian kepada Trump.

“Kami tidak ingin memusuhi Trump lebih jauh,” kata Murdoch dalam memo 16 November.

Biden menang tipis di Arizona, tetapi akibatnya dua eksekutif yang bertanggung jawab atas panggilan malam pemilihan yang akurat kehilangan pekerjaan mereka dua bulan kemudian. Dalam memo internal pada pertengahan November, Murdoch berbicara tentang pemecatan mereka.

Eksekutif dan penyiar Fox membahas bagaimana tidak mengasingkan penonton, banyak dari mereka yang percaya klaim kecurangan Trump meskipun tidak ada bukti untuk mendukungnya. Tucker Carlson dari Fox menyarankan agar seorang reporter berita dipecat karena men-tweet cek fakta yang membantah klaim penipuan.

Beberapa pameran benar-benar memalukan, seperti opini yang meremehkan di balik layar tentang Trump, yang pendukungnya merupakan inti dari pemirsa jaringan. Pertukaran teks diungkapkan sebagai bagian dari acara gugatan Carlson menyatakan, “Saya sangat membencinya,” dan mengatakan bahwa “kami sangat, sangat dekat untuk dapat mengabaikan Trump hampir setiap malam.”

Associated Press menerima dukungan dari beberapa yayasan swasta untuk meningkatkan liputan penjelasannya tentang pemilu dan demokrasi. Lihat lebih lanjut tentang inisiatif demokrasi AP di sini. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

sbobet wap

By gacor88